Tuesday, July 20, 2010

Situ Gede Tasik Makin Menawan


Tasikmalaya

Situ Gede di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat , termasuk wisata alam. "Belakangan, situ ini semakin banyak diminati oleh wisatawan domestik. Coba lihat saja pada liburan akhir pekan, pasti ramai seperti terlihat Minggu (15/3) lalu," kata pengelola obyek wisata alam Situ Gede, Komar, kemarin.

Wisatawan kebanyakan datang dari Garut, Ciamis, Banjar, bahkan dari Bandung dan Jakarta, selain dari Tasikmalaya sendiri. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Situ Gede bisa dilihat dari jumlah penjualan tiket setiap hari libur yang menunjukkan peningkatan. Setiap akhir pekan, jumlah pengunjung sampai sekitar ratusan wisatawan, sedangkan di hari biasa hanya puluhan wisatawan.

Situ Gede merupakan objek wisata alam satu-satunya yang dimiliki dan dikelola oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. "Kalau di Kabupaten (wisata di wilayah Kabupaten Tasikmalaya -- Red) tempat wisata banyak, namun di Kota Tasik hanya satu, yaitu Situ Gede," katanya.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Situ Gede karena lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Tasikmalaya selain itu dekat dengan akses jalan utama. Namun Komar mengeluhkan dari jalan akses utama menuju lokasi Situ Gede kondisi jalannya cukup memprihatinkan dengan banyaknya lubang dan bebatuan bekas kerusakan aspal.

Selain itu Komar mengeluhkan juga dengan warga yang berniat berkunjung ke Situ Gede banyak yang mengaku warga sekitar sehingga pihak pengelola merasa bingung dan akhirnya membebaskan masuk tanpa membeli tiket. Untuk itu Komar berharap akses jalan menuju Situ Gede diperbaiki supaya minat wisatawan untuk menikmati keindahan danau Situ Gede semakin banyak pengunjungnya.

Selain itu ia berharap kepada masyarakat agar bersikap jujur apabila bukan orang sekitar daerah dengan membeli tiket yang sudah ditentukan karena dengan membeli tiket berarti ikut menjaga keberadaan Situ Gede. "Jalan menuju Situ Gede juga jalan menuju permukiman warga, jadi ada juga pengunjung yang mengaku warga sini, padahal beli tiketnya juga murah," katanya.

Banyak pengunjung yang menikmati keindahan Situ Gede di pinggiran danau dan saung, selain itu banyak pengunjung yang menggunakan mobil dalam kota dan luar kota. Selain menikmati keindahan danau Situ Gede, pengunjung menikmati pula keindahan alam yang masih asri, dan ada juga pengunjung rombongan keluarga yang makan bersama sambil melihat keindahan danau dan para pemancing ikan.

No comments: